Desain Kamar Mandi Itopart

Sebagai salah satu tempat yang cukup sering dan rutin dikunjungi oleh setiap anggota rumah, banyak aktivitas yang dilakukan di tempat ini. Dimulai dari membersihkan diri dengan mandi, buang air, sikat gigi, dan lain-lain. Namun ternyata, ada beberapa hal yang sering kita lakukan di dalam kamar mandi, namun ternyata jauh lebih baik jika kita tidak melakukannya. Beberapa di antaranya sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup yang dapat dibilang cukup sulit untuk ditinggalkan dan membutuhkan waktu untuk membiasakannya kembali. Misalnya adalah dengan membawa telepon genggam ke dalam kamar mandi. Penjelasan selengkapnya silakan dibaca di bawah ini, selamat membaca!

1. Bathtub
Hindari penggunaan bathtub jika ukuran di dalam desain kamar mandi di rumah Anda kecil. Jika Anda sedang mempersiapkan renovasi kamar mandi atau sedang persiapan membangun kamar mandi, poin ini harus Anda ingat dan jangan sampai dilakukan. Jika memang kamar mandi Anda berukuran kecil, gunakanlah shower sebagai gantinya.

2. Membawa HP
Ini adalah salah satu kebiasaan yang sangat sering dilakukan. Biasanya orang-orang membawa HP ke dalam kamar mandi ketika mereka sedang ini buang air besar dan merasa bosan. Bermain game atau sekadar membuka sosial media lewat HP memang cukup membantu melawan kebosanan. Tapi ternyata, partikel-partikel kotoran yang berada di udara dapat menempel pada telepon HP Anda dan membuatnya menjadi kotor dan tak kasat mata.

3. Simpan di Lemari
Di manakah Anda meletakkan sikat gigi Anda? Jika di dalam lemari, segera keluarkan! Mungkin Anda berpikir bahwa jika diletakkan di kamar mandi, sikat gigi tidak akan terkontaminasi oleh bakteri dan tetap bersih. Namun ternyata itu adalah salah besar. Karena ketika disimpan di dalam lemari, kelembapan akan meningkat, apalagi ketika bulu-bulu sikat masih belum terlalu kering. Bakteri, jamur dan virus dapat tumbuh berkembang denagan baik di dalamnya.

4. Make Up
Sebagian besar orang, terutama wanita berdandan di dalam toilet. Sebisa mungkin hindari hal ini. Segala sesuatu kosmetik yang diaplikasikan di muka harusnya bersih dan higienis sehingga terhindar dari kontaminasi bakteri, terutama yang berasal dari kamar mandi yang merupakan salah satu spot terkotor di dalam rumah. Lebih baik berdandan di dalam kamar agar peralatan dandan Anda tetap higienis untuk diaplikasikan ke wajah.

5. Tidak Tutup Kloset
Tak hanya Anda, hampir 60% orang lainnya tidak menutup kloset saat sedang menyiramnya. Ternyata, jika Anda tidak menutup kloset, bakteri-bakteri yang berada di dalamnya atau bahkan sisa kotoran dapat tersebar. Bahkan, partikel-partikelnya dapat berbaur dengan udara di sekitar Anda. Karenanya, pastikan bahwa Anda selalu menutup kloset saat sedang menyiramnya. Kalau perlu ingatkan terus anggota keluarga yang lain.

6. Terlalu Lama
Jika Anda sering menggunakan spons mandi, jangan lupa untuk menggantinya selama tiga atau empat minggu sekali. Spons yang Anda gunakan untuk membersihkan bagian punggung Anda tentu akan meninggalkan banyak bakteri di permukaannya itu. Hal ini tentu saja akan mebuat sangat banyak bakteri yang terus berkembang biak di dalamnya. Bayangkan jika Anda terus menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Selain itu, jika di dalam kamar mandi Anda juga terdapat tirai pemisah, rajinlah untuk menggantinya juga. Meski terlihat bersih-bersih saja, tapi secara tidak sadar pasti tirai tersebut pernah terciprat air yang tentu tidak dapat dipastikan kebersihan dan kehigienisannya.